74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Dihelat Selama 2 Hari, Kopdarnas 6 Mekanik Indonesia Dihadiri Ratusan Peserta dari Berbagai Daerah


CILACAP - Sena Hall Kroya, Cilacap Jawa Tengah dibanjiri ratusan orang mekanik pada Rabu-Kamis (25/26) lalu. Rupanya, mereka tergabung di dalam Komunitas Mekanik Indonesia mengadakan sebuah acara temu. 

 
Komunitas Mekanik Indonesia adalah sebuah perkumpulan para mekanik dan pemilik bengkel sepeda motor dari seluruh Indonesia. Komunitas Mekanik Indonesia tergabung dari banyak komunitas regional maupun komunitas mekanik lokal.  
 
Salah satu kegiatannya adalah Kopi darat nasional atau Kopdarnas yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Dan kali ini, Kompak atau Komunitas Mekanik Ngapak menjadi tuan rumahnya dengan memilih Cilacap sebagai lokasi acara silaturahmi akbar tersebut. 
 
Menurut Shomad, selaku ketua panitia, acara kopdar nasional kali ini dibuat dengan lebih serius. “Misalnya dari segi tempat, ini sangat luas yang bisa menampung ribuan orang. Juga ada fasilitas home stay dan lain sebagainya” ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua Kompak. 
 
Acara dimulai pada siang hari Rabu dengan registrasi ulang peserta. Sorenya diadakan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim dari Yayasan Al Kautsar Kroya. Malamnya diisi dengan ramah tamah antar peserta, saling melepas rindu. 
 
Lanjut Kamis pagi, usai sarapan bersama, dilanjut dengan seremonial pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dan sambutan panitia.  
 
Yang tak kalah menarik adalah sharing ilmu tentang dunia mekanik sepeda motor dari beberapa pakar. Di antaranya adalah Mas’ud yang menyampaikan materi keyless, Honda Irul Tech dan materi tentang Yamaha NMAX Turbo. 
 
Juga ada RKN Parts yang memperkenalkan produk-produknya. Menurut Sigit, selain untuk mobil,RKN juga tersedia untuk sepeda motor berbagai merk dan tipe dengan kualitas tinggi. “Kami sudah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia dengan lebih dari 2500 outlet” tambah Ikhwan Cahyadi, rekannya dari RKN.  
 
Mukholid Anshori, S.Pd. Direktur LKP Bina Bangsa Bersama Cilacap yang juga hadir, turut memberikan motivasi. “Kami sudah menjalankan program sertifikasi mekanik di wilayah Cilacap, semoga rekan-rekan bisa melakukannya di wilayahnya masing-masing demi meningkatkan kompetensi mekanik” harapnya. 
 
Menurut panitia, jumlah peserta yang hadir pada hari kedua di angka 600-an orang. Ukan hanya dari wilayah sekitar Barlingmascakeb saja, namun juga dari berbagai propinsi dan bahkan luar pulau. Di antaranya dari jawa Tengah, Jawa Timur, Bandung, Pangandaran, Brebes, Tangerang, Jambi, Medan, Sulawesi Tenggara dan Lombok. 


Suwanto dan Rohadi, mekanik difabel.

 
Samsul Devio, seorang peserta asal Makssar Sulawesi Selatan rela menempuh perjalanan panjang untuk bisa silaturahmi dengan rekan-rekannya sesama mekanik. “Alhamdulillah kopdarnas berjalan dengaan lancar” ucapnya syukur. 
 
Ada juga peserta mekanik difabel yang cukup disegani karena semangat dan kreatifitasnya. Suwanto dari Kota Semarang dan Rohadi dari Bawen datang dengan mengendarai sepeda motor. “Sangat bersyukur sekali bisa hadir di kopdarnas ini. Semoga tetap solid” ucap Suwanto didampingi rekannya, Rohadi. 
 
“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan sukses. Terima kasih kepada RKN parts, Pertamina Lubricant, dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara Kopdarnas 6 ini” ungkap Shomad saat menutup acara pada sore hari lalu.
0

Posting Komentar