74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Ditengah Pandemi, Desa di Banyumas Ini Mampu Bangun Gedung Serbaguna Fantastis

Foto : Rama

BANYUMAS
- Pemerintah Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah, akhirnya memiliki sebuah Gedung Serbaguna yang pembangunannya memakan waktu dua tahun.


Gedung Serbaguna yang diberi nama Balai Kemasyarakatan Jalakarsa itu diresmikan oleh Camat Karanglewas Krisianto, hari Selasa (7/12/2021)malam. 


"Gedung yang megah ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Desa Babakan secara luas, apa saja tapi hal yang positif," pesan Camat Krisianto. 


Selain meresmikan Gedung Serbaguna itu, Krisianto juga meresmikan unit usaha Pertashop, Jaringan Air Bersih dan Jaringan Internet yang dikelola oleh BUMDes Unggul Barokah. 


ia juga menjelaskan, saat seluruh anggaran pemerintah direfocusing untuk keperluan Covid 19, justru Pemdes Babakan masih bisa membangun Gedung Serbaguna. 


"Harus disyukuri karena banyak anggaran kena refocusing untuk penanganan Covid 19, Desa Babakan masih dapat membangun gedung semegah ini," kata Krisianto. 


Sementara itu, Kepala Desa Babakan Sonhaji mengutarakan, pembangunan Gedung Serbaguna yang menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 1,5 milyar itu diperuntukkan bagi masyarakat Desa nya. 


Dia juga mengakui, pembangunan gedung sempat terhenti karena merebaknya Covid 19 di awal tahun 2020. Sehingga anggarannya pun kata Sonhaji, direalisasikan secara bertahap. 


"Alhamdulillah, sebelum akhir tahun ini, pembangunan bisa rampung dan diresmikan," ujar dia. 


Menurutnya, dengan selesainya pembangunan itu maka kehendak masyarakat Desa Babakan mempunyai Gedung Serbaguna sudah terwujud. 


"Ini semua buat masyarakat, begitu juga unit usaha Pertashop, jaringan air bersih dan jaringan internet," ucap Sonhaji. 


Sonhaji menambahkan gedung Jalakarsa, Pertashop, jaringan air bersih dan jaringan internet, pengelolaannya diserahkan ke BUMDes Ungguli Barokah. Diharapkan pendapatan Desa melalui empat unit usaha itu dapat meningkat ke depannya. 


"Harapannya dengan adanya balai Jalakarsa, jaringan air bersih, jaringan internet dan Pertashop, pendapatan Desa bisa naik ke depannya," pungkas Sonhaji. 


Peresmian pembangunan Balai Kemasyarakatan Jalakarsa, Pertashop, jaringan air bersih dan jaringan internet tersebut menerapkan prokes yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 


Sebelum kegiatan peresmian dimulai, para undangan yang terdiri dari para Tokoh Agama, Ketua RT, Ketua RW, dan Ibu-Ibu PKK membaca doa tahlil yang dipimpin oleh Ketua PC NU Desa Babakan, KH Kholik.(*)

0

Posting Komentar