74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Asiknya Ziarah Wali Songo Bareng SMK Maarif NU 1 Wangon, Ini Yang Harus Diingat

SMK Maarif NU 1 Wangon yang berwisata religu ziarah Walisongo, salah satunya Ke Masjid Demak.(FOTO : Istiemewa)

BANYUMAS
- SMK Maarif NU 1 Wangon yang berwisata ziarah Wali Songo selama dua hari Sabtu-Minggu (11/12/2021) tentu punya kesan menarik. Perlu diketahui Ziarag Wali Singo merupakan agenda rutin dalam implememntasi ke NU an. 


Mengunjungi peninggalan tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati karena peran mereka dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Wali Songo berasal dari kata wali yang berarti "orang yang dipercaya," dan sanga berarti sembilan dalam bahasa Jawa.


Lantas makam dan peninggalan apa saja yang dituju SMK Maarif NU 1 Wangon dan Jurnalis sebagai tujuan wisata religi, berikut rangkumannya.


Foto : Istimewa

Gunung Muria


Gunung Muria merupakan lokasi makam Sunan Muria, tepatnya berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.


Bagi anda yang ingin berwisata religi ke makam Sunan Muria atau Raden Umar Said

, memang harus siap mendaki gunung, karena lokasi makamnya berada pada ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut.

Dibutuhkan stamina prima untuk mencapai puncaknya.



Bila sudah puas mengunjungi makam, berdoa, dan melaksanakan Sholat Wajib maupun Sunnah, di lokasi wisata juga terdapat berbagai penjual souvernir seperti batu akik, gelang kayu koka, sampai pipa cangklong, makanan khas Muria, dan oleh oleh lainnya.



Masjid Menara Kudus


Usai dari Gunung Muria, Minggu (12/12/2021) sekitar pukul 7:00 WIB rombongan yang berjumlah 5 Bus tersebut menuju Masjid Menara Kudus berlokasi di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus. Disini terdapat pula makam Sunan Kudus atau dikenal dengan Ja’far Shadiq.


Pantauan  banyak wisatawan religi dari berbagai daerah seperti Jakarta, Cirebon dan lain lain ynag mengunjungi Menara Kudus. Masjid Menara Kudus punya banyak keunikan, di antaranya seperti ornamen-ornamen dan arsitektur yang kental dengan kebudayaan Hindu. Makam Sunan Kudus sendiri berada di dalam menara yang mirip seperti pura.


Terbuat dari batu bata merah yang entah dsngan apa cara merekatkannya hingga mampu bertahan ratusan tahun.Tak heran kalau masjid dan makam Sunan Kudus dianggap sebagai salah satu bukti kulturisasi antara Hindu dan Islam.



Makam Sunan Kalijaga


Usai berdoa dimakam Sunan Kudus, selanjutnya menuju ke Masjid Demak yang merupakan peninggalan Sunan Kalijaga yang dikenal sebagai salah satu wali yang mengajarkan Islam ke dalam kehidupan masyarakat Jawa melalui budaya dan kesenian.


Makamnya berada di Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Lokasi makam Sunan Kalijaga juga tak jauh dari kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Demak tepatnya berada disisi sebelah utara Masjid Demak.


Masjid Agung Jawa Tengah


Tujuan selanjutnya adalah menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berlokasi di Semarang. Selama di komplek Masjid Agung yang dilakukan adalah melaksanakan Sholat berjamah serta makan bersama di sisi belakang masjid, tepatnya di area sekertaris LP Maarif. 


Usai melaksanakan makan bersama, dilanjutkan Sholat Magrib berjamaah dan persiapan perjalanan pulang pukul 19:00 WIB hingga tiba di titik kumpul Wangon pukul 23:00 WIB (12/12/2021) dengan iringan hujan.



Tips Ziarah ke Makam Para Wali Songo


Bila dikemudian hari pada saat melaksanakan wisata religi berziarah ke makam para Wali Songo ini, terdapat beberapa tips sebagai berikut agar perjalanan wisata religi tersebut berlangsung nyaman dan berkesan serta tidak sia-sia.


Kenakan pakaian yang nyaman agar tidak mudah gerah namun tetap sopan.


Bawa bekal air minum tiap saat di perjalanan dan di berbagai lokasi tujuan agar tidak dehidrasi.


Jaga etika dan sopan santun selama berwisata terutama ketika berada di lokasi makam para Wali Songo.


Lepaskan alas kaki pada saat memasuki lokasi makam.


Jangan berisik, atau berbicara terlalu keras atau tertawa keras-keras.


Hormati adat istiadat setempat.


Ucapkan doa dan salam kepada para ahli kubur.


Banyak-banyak beristighfar dan mengingat kematian.


Membaca sejarah para Wali Songo agar bisa meneladani dan mengambil pelajaran.


Persiapkan obat-obatan pribadi


dan abadikan setiap momen dengan menggunakan kamera agar menjadi kenangan yang tercatat dan tergambar.(*)



0

Posting Komentar