74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

RAPI Cilongok Dikukuhkan, Begini Prosesnya.

BANYUMAS - Pada hari minggu 10 oktober 2021 bertempat di lokasi wisata Mangku desa Rancamaya Kecamatan cilongok Kabupaten Banyumas.Menjadi saksi sejarah dalam dunia komunikasi radio.Radio antar Penduduk Indonesia (RAPI) lokal 08 kecamatan Cilongok Kab Banyumas telah dikukuhkan.

Secara aklamasi pada bulan September 2021 suara terbanyak anggota Rapi lokal 08 Cilongok terpilih Eko Supriyanto JZ11 VOR menjadi ketua periode 2021 - 2025.Dan secara resmi memisahkan diri dari Rapi lokal Banyumas Barat Cipakularang (Cilongok, Pakuncen Gumelar Ajibarang)

Dengan pertimbangan jumlah anggota yang sudah mencapai 80 personil adalah mencukupi persyaratan untuk mengurus rumah tangga organisasi lokal sendiri dibawah Rapi wilayah 08 Banyumas kata Suherman JZ11DTP ketua wilayah 08 Banyumas yang hadir dalam acara serta mengukuhkan kepengurusan Rapi lokal 08 Cilongok periode 2021 - 2025.



Lanjut Suherman di era digital dan perkembangan jaringan komunikasi elektronik yang sudah sangat maju, ternyata hoby menggunakan alat komunikasi Handy tranceifer  (HT) dan perangkat komunikasi Rig masih digemari oleh masyarakat khususnya anggota Radio Antar Penduduk Indonesia.

Bukan hanya sekedar berbincang ngobrol di udara namun peran anggota Rapi dapat menggunakan alat komunikasi untuk membantu penanganan Bencana apalagi untuk daerah yang blank spot signal Hand Phone.

Pesan Suherman dalam sambutannya agar anggota Rapi selalu mematuhi aturan pemerintah dibawah kementrian Kominfo serta menjaga etika dalam berkomunikasi.



Eko Supriyanto JZ11 VOR dalam sambutannya setelah dikukuhkan menyambut baik jabatan sebagai ketua rapi lokal 08 Kecamatan Cilongok semoga kedepan dapat membawa peran Rapi semakin baik dalam ikut mendukung program pemerintah melalui radio komunikasi dan membantu dalam hal penanggulangan kebencanaan.

Tidak kurang dari 20 orang yang disiapkan sebagai team reaksi cepat (TRC) yang siap diterjunkan pada saat emergency kebencanaan.


Hadir di acara pengukuhan perwakilan Camat Cilongok kepala desa Rancamaya kecamatan Cilongok kab Banyumas. Juga Pembina Fortasi Eddy Wahono dan koordinator Fortasi Sudjadmiko bersama perwakilan relawan lintas organisasi terdiri dari Serayu Rescue, MTA, MDMC, Asar Humanity, Gerpik,Relawan khusus Orang dengan gangguan Jiwa ODGJ banyumas serta divisi seni 99 production Banteng mas.

Eddy Wahono pembina Fortasi dalam sambutannya : Mengucapkan terimakasih pada Rapi Lokal 08 Cilongok karena selama ini team reaksi cepatnya selalu tampil bersama Fortasi disetiap peristiwa kebencanaan.

Sangat diharapkan semakin bergandengan tangan kedepan memasuki musim penghujan dimana banyumas termasuk daerah retensi bencana banjir dan tanah longsor.(*)

Sumber : Eddy Wahono


0

Posting Komentar